UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK KUNCUP PERTIWI KENDARI

Penulis

  • Sitti Halijah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak melalui metode demonsrasi di TK Kuncup Pertiwi Kendari. Penelitian ini dilakukan di TK Kuncup Pertiwi Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK Kuncup Pertiwi Kendari yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berwudhu anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan berwudhu anak yaitu pada pra siklus 25,8 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 40,8%, siklus 2 rata-ratanya 75,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berwudhu anak di TK Kuncup Pertiwi Kendari.

Diterbitkan

2023-11-28