MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs PKP MANADO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs PKP Manado. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, objek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan untuk dipecahkan dengan kemampuan berpikir yang tinggi. Permasalahan yang disajikan dalam model pembelajaran inipun merupakan permasalahan nyata yang dapat dialami oleh seseorang sehingga dengan diterapkannya model pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman secara nyata dan langsung kepada para siswa terutama dalam memecahkan permasalahan nyata yang dapat saja terjadi dalam kehidupan sehari-hari.