PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERSUJUD MENGAGUNGKAN ALLAH SWT.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bersujud mengagungkan Allah SWT. SMPIT Al Qalam Kendari, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI melalui metode pembelajaran Market Place Activity pada kelas VII SMPIT Al Qalam Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 dan dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus 2x pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini adalah 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan tindakan 3. Observasi dan evaluasi 4. Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VII SMPIT Al Qalam Kendari.Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut. (1). Penerapan metode pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan aktifitas peserta didik pada pembelajaran PAI di kelas VII SMPIT Al Qalam Kendari. (2). Hasil belajar yang telah di lakukan penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII SMPIT Al Qalam Kendari terhadap materi bersujud mengagungkan Allah SWT. Peningkatan hasil belajar PAI peserta didik terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, peningkatan hasil belajar juga terlihat yang semula nilai rata-rata siklus I yaitu 73,33 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 62,96%, selanjutnya pada siklus II lebih meningkat menjadi 76,29 dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 92,59%, dengan kategori sangat tinggi. (3). Dalam penerapan metode pembelajaran Market Place Activity di kelas VII SMPIT Al Qalam Kendari, selama pembelajaran berlangsung secara keseluruhan di peroleh data nilai peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat di jelaskan bahwa pembelajaran siklus I 62,96% naik menjadi 92,59% pada siklus II ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 29,63%. Hal ini berdasarkan penilaian yang di lakukan pada setiap pelaksanaan pembelajaran pada tiap siklus.