MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MARKET PLACE ACTIVITY PADA MATERI SHOLAT GERHANA DAN ISTISQA

Penulis

  • Mami Tri Lestari SMP Islam Terpadu Al Qalam Kendari

Abstrak

Berdasarkan hasil belajar yang masih rendah pada materi pendidikan agama islam khususnya materi sholat gerhana dan istisqo, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Shlat Gerhana dan Istisqa melalui metode Market Place Activity. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik fase D SMP Islam Terpadu Al Qalam Kendari Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Market Place Activity berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sholat Gerhana dan Istisqa. Saat Sebelum diterapkannya metode Market Place Activity hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 6 peserta didik (22,22%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 61,11. Setelah diterapkan metode market place activity pada siklus I sebanyak 12 peserta didik (55,55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,33 dan dilanjutkan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 peserta didik (88,88%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,70. Peseta didik lebih senang,semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dikarenakan metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-11-28