MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHALAT FARDU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL ( STUDI PADA KELAS II SD NEGERI 25 KENDARI )
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media Audio Visual dalam pembelajaran materi shalat fardu dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah penerapan media Audio Visual dalam pembelajaran materi shalat fardu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini terletak pada “tindakan”guru di dalam kelas. Dalam Penelitian Tindakan Kelas, peneliti mengadopsi Pendekatan Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para peserta didik kelas II (Dua) di Sekolah Dasar Negeri 25 Kendari yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase nilai 65,59 (kurang), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase nilai 94,64 (Sangat baik). Dan dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,51% “Kurang”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 94,59% yang dikategorikan kedalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi salat fardu di kelas II SD Negeri 25 Kendari.