PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SHALAT SUNNAH RAWATIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (KELAS III MIS AL-FALAH NUNUKA RAYA)

Penulis

  • Helfi Kono MIS Al Falah Nunuka Raya

Abstrak

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Konsep ini berfokus pada pengembangan keterampilan pemahaman, analisis, dan penerapan konsep-konsep tertentu dengan cara yang interaktif dan melibatkan kolaborasi antar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Shalat Sunah Rawatib melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match di kelas III Mis Al-Falah Nunuka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Mis Al-Falah Nunuka Raya. Instrumen penelitian melibatkan tes hasil belajar, observasi, dan angket respons siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dilakukan dengan merancang kegiatan yang melibatkan siswa dalam berpasangan, mencocokkan kartu-kartu materi Shalat Sunah Rawatib. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Selain itu, observasi juga menunjukkan peningkatan aktifitas dan partisipasi siswa selama pembelajaran.

Diterbitkan

2023-09-01