PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH PADA PELAJARAN ELEMEN AL-QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA SD NEGERI 59 KENDARI
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SDN 59 Kendari sebelum penerapan metode Make and Match. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan dan memahami bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran “make match” pembelajaran Elemen Al-Quran Hadis Q.S An-Nas di SDN 59 Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI&BP meningkat dengan menggunakan metode make a match. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI&BP dan hasil tes belajar PAI&BP siswa. Dari hasil pembelajaran PAI&BP siswa pada siklus I dan siklus II dari aspek kognitif yaitu hasil belajar PAI&BP siswa yang diperoleh dari hasil tes perakhir siklus dengan menggunakan instrument tes pilihan ganda sebanyak 15 soal pilihan ganda telah melebihi target yaitu 80% dengan kriteria ketuntasan maksimal 70. Dimana siswa yang mendapatkan nilai diatas 70 sebanyak 17 siswa dengan nilai rata-rata 74,40 dengan presentase ketuntasan 85% siswa telah mencapai indikator keberhasilan.