PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH PADA PELAJARAN ELEMEN AL-QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA SD NEGERI 59 KENDARI

Penulis

  • Rosmi

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SDN 59 Kendari sebelum penerapan metode Make and Match. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan dan memahami bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran “make match” pembelajaran  Elemen Al-Quran Hadis Q.S An-Nas  di SDN 59 Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran  PAI&BP meningkat dengan menggunakan  metode make a match.  Hal  ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran  PAI&BP  dan  hasil  tes  belajar PAI&BP siswa. Dari  hasil pembelajaran PAI&BP siswa pada siklus I dan siklus II dari   aspek   kognitif  yaitu  hasil belajar PAI&BP siswa yang diperoleh dari   hasil   tes   perakhir  siklus  dengan  menggunakan  instrument  tes pilihan ganda sebanyak 15 soal pilihan ganda telah melebihi target yaitu 80% dengan  kriteria ketuntasan  maksimal  70.   Dimana  siswa yang mendapatkan  nilai  diatas  70  sebanyak  17 siswa dengan nilai rata-rata 74,40   dengan   presentase   ketuntasan   85% siswa   telah    mencapai indikator keberhasilan.

Diterbitkan

2023-09-01