MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ZAKAT KELAS V SDN 106 PANYURAK

Authors

  • Abidin Abidin SDN 106 Panyurak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar penulisan sejarah yang didesain berdasarkan Problem based learning meliputi: penentuan masalah, perancangan langkah penyelesaian , penyusunan jadwal, , penyusunan laporan, dan evaluasi hasil . Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) dengan berpedoman pada desain 4D dari Tiagarajan & Semmel yang terdiri dari: define, design, develop, dan disseminate. Prototipe dari bahan ajar telah divalidasi oleh para ahli dan di uji cobakan di sekolah SDN 106 Panyurak. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 106 Panyurak  dengan jumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar penulisan model problem based learning adalah valid dan dinyatakan layak untuk digunakan. Bahan ajar ini mampu membantu peserta didik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep yang terlihat pada proses dan hasil belajar yang didapatkan. Sebelum diterapkannya model pembelajaran problem based learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa  yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72,75. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (54,54%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71,83 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (81,18%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Published

2023-08-22