MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI HIDUP TENANG DENGAN PERILAKU TERPUJI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS III UPT SPF SDN 22 ALLU KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • Antikustina Antikustina SDN 22 Allu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi hidup tenang dengan perilaku terpuji sangat rendah. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui pelaksanaan metode pemberian tugas  dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pemberian tugas  pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Terlihat bahwa nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa siklus I sebesar 80,76 % dengan ketuntasan klasikal sebesar 72 %, dengan rincian 18 siswa telah tuntas dan 7 siswa belum tuntas. Pada nilai postest di siklus I dengan nilai rata-rata 80,76 dengan ketuntasan klasikal 72%, dengan rincian 18 siswa telah tuntas  dan 7 siswa belum tuntas. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I belum tercapai karena masih dibawah 75%. Sedangkan Nilai rata rata Hasil Belajar Siswa Pada Siklus II Sebesar 81,72 Dengan ketuntasan  klasikal 100  % Dengan rincian 25 siswa Telah Tuntas Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II sudah tercapai karena sudah berada diatas 75%. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada pada materi hidup tenang dengan perilaku terpuji di kelas III SD Negeri 22 Allu untuk siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode Pemberian Tugas  sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, Hal ini membuktikan ketuntasan siswa mengalami peningkatan dan lebih baik untuk setiap siklusnya. Hal ini menggambarkan adanya upaya guru meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran yang dilakukan, yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa juga hasil belajar siswa untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II.

Kata Kunci: hasil belajar, metode pembagian tugas.

Published

2023-08-22