MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI MENELADANI NAMA DAN SIFAT ALLAH UNTUK KEBAIKAN HIDUP SMP NEGERI 1 AWANGPONE
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Discovery Learning pada materi "Meneladani Nama dan Sifat Allah untuk Kebaikan Hidup" di SMP Negeri 1 Awangpone. Metode Penelitian Tindakan Kelas digunakan dengan subjek peserta didik kelas VII A. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Sebelum tindakan, prestasi belajar peserta didik belum memenuhi standar klasikal (53%). Setelah diterapkan pada siklus I, terjadi kenaikan menjadi 58%. Pada siklus II, persentase ketuntasan mencapai 100%. Model Discovery Learning berhasil meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Dalam pengelolaan pembelajaran, guru mencapai peningkatan dari cukup menjadi baik dan sangat baik pada Siklus 1 dan 2. Aktivitas peserta didik juga meningkat dari cukup menjadi baik dan sangat baik pada Siklus 2. Dalam kesimpulan, penerapan model Discovery Learning efektif meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan aktivitas pembelajaran dalam materi yang diuji.