PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RUKUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Andrizal Hiola SDN 10 Gentuma Raya
  • Alwina K. Harun SMK Kesehatan Bakti Nusantara

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rukun iman dengan memanfaatkan media puzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Akhlak. Penelitian Tindakan Kelas merupakan jenis penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah SDN 10 Gentuma Raya yang terdiri dari 13 siswa. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada rukun iman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 10 Gentuma Raya dengan skor rata-rata 79,46 pada siklus I dan 90,38 pada siklus II. Oleh karena itu, terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Hasil tersebut juga membuktikan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan memanfaatkan media puzzle. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan puzzle dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat mendorong perhatian dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media puzzle perlu diimplementasikan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2023-01-06