MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI AL-QUR'AN DAN SUNNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Al-Qur'an dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 5 Bitung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pra-siklus sebesar 52 meningkat menjadi 75 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 75%. Metode tutor sebaya juga terbukti meningkatkan partisipasi aktif, kerja sama, dan tanggung jawab peserta didik.