MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AYO BERPERILAKU TERPUJI DI KELAS 2 SDN 1 MUNTOI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Fauzia Mokodompit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ayo Berperilaku Terpuji melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (Clashroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 1 Muntoi Tahun Ajaran 2024/202, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ayo Berperilaku Terpuji. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran siklus I sebanyak 4 orang peserta didik ( 40 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66 % dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 orang peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,56 % . peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaram ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ayo Berperilaku Terpuji melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (Clashroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 1 Muntoi Tahun Ajaran 2024/202, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ayo Berperilaku Terpuji. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran siklus I sebanyak 4 orang peserta didik ( 40 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66 % dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 orang peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,56 % . peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaram ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-06-30