PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA

Authors

  • Mislan Botutihe SDN 7 Kabila, Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan materi Asmaul Husna di kelas III SDN 7 Kabila, menggunakan media audio visual dan metode card sort. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam memahami materi Asmaul Husna dan rendahnya tingkat keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, penggunaan metode card sort menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, meskipun tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 68,75%. Pada siklus kedua, perbaikan dilakukan dengan menambah media audio visual yang lebih variatif, yang terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus kedua, tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 93,75% dan keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran juga meningkat secara signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa secara efektif, terutama pada materi Asmaul Husna.

Downloads

Published

2024-04-20