PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS AL- MA’UN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS al-ma’un di kelas 5 SDN 13 Kabila. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 13 Kabila Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan siklus yang meliputi pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar secara signifikan. Pada tahap pra siklus, tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 30%, di mana 3 peserta didik berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 60% dengan 6 peserta didik mencapai KKM. Peningkatan maksimal terjadi pada siklus II, dengan tingkat ketuntasan mencapai 90%, di mana 9 peserta didik mencapai KKM. Berdasarkan temuan ini, pemanfaatan media quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS al-ma’un, khususnya pada materi QS al-Ma’un. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah di tingkat sekolah dasar.