PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI QADA DAN QADAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 5 Batudaa pada materi Qada dan Qadar melalui penggunaan media video pembelajaran. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa akibat metode pengajaran konvensional yang dominan, seperti ceramah, yang kurang menarik perhatian siswa terhadap materi abstrak. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata siswa meningkat dari 68,62 pada pra-siklus menjadi 77 pada siklus pertama dan 85 pada siklus kedua. Selain itu, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75, meningkat dari hanya 30,77% pada pra-siklus menjadi 84,62% pada siklus kedua. Penerapan media video pembelajaran tidak hanya mampu meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga berhasil menarik minat mereka, meningkatkan partisipasi aktif selama pembelajaran, dan memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep abstrak Qada dan Qadar. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI), sekaligus menjadi alat inovatif yang relevan dengan kebutuhan siswa di era modern.
Kata kunci: media video pembelajaran; hasil belajar; qada dan qadar.