UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI CABANG-CABANG IMAN (SYU‘ABUL IMAN) MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Authors

  • Khaeroni SMA Negeri 1 Limboto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi Cabang-cabang Iman (Syu‘abul Iman) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 1 Limboto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek 20 peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik akibat metode pembelajaran yang monoton, seperti ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL yang didukung teknologi secara signifikan meningkatkan minat belajar peserta didik. Sebelum tindakan, rata-rata minat belajar hanya 44,9% (kategori rendah). Pada Siklus I, minat belajar meningkat menjadi 65,3% (kategori sedang), dan pada Siklus II meningkat menjadi 85,4% (kategori tinggi). Penerapan PBL yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan eksplorasi informasi berbasis teknologi membuat pembelajaran lebih menarik, relevan, dan efektif. Kesimpulannya, PBL berbasis teknologi mampu meningkatkan keaktifan, motivasi, dan minat belajar peserta didik, memberikan kontribusi besar pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-20