MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA WORDWALL PADA MATERI AYO BERPERILAKU TERPUJI

Authors

  • Marliyanti Kiu SDN 15 Pulubala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Ayo Berperilaku Terpuji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penggunaan media Wordwall. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II fase A di SDN 15 Pulubala Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terdiri atas 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall berhasil meningkatkan pemahaman belajar peserta didik pada materi Ayo Berperilaku Terpuji. Sebelum penggunaan media Wordwall, secara klasikal hanya 5 peserta didik (25%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 60. Setelah penerapan media Wordwall pada siklus I, sebanyak 12 peserta didik (60%) mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 72,66. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, yaitu sebanyak 18 peserta didik (91,53%) mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,15. Penggunaan media Wordwall membuat peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media ini mendorong peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-20