PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPRAKTIKKAN SHALAT JENAZAH MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa dalam mempraktikkan shalat jenazah melalui penerapan metode Problem-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami dan mempraktikkan tata cara shalat jenazah yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang kurang interaktif dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes praktik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempraktikkan shalat jenazah. Pada akhir siklus kedua, jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum meningkat secara signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode PBL efektif digunakan dalam pembelajaran praktik keagamaan, khususnya shalat jenazah.