PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SHALAT DHUHA PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi Shalat Dhuha dengan Penggunaan Video Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 7 Tilango. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 7 Tilango Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Shalat Dhuha. Sebelum diterapkannya video pembelajaran hasil belajar siswa secara klasikal hanya 6 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.8. Setelah diterapkannya video pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (46%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.46 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87.07. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena video pembelajaran efektif sebagai metode pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran.