MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BERBAKTI KEPADA GURU MELALUI PENDEKATAN TPACK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 TABONGO
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi berbakti kepada guru melalui pendekatan TPACK. Penelitian termasuk jenisPenelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 6 Tabongo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 17 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui pendekatan TPACK berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi berbakti kepada guru. Sebelum diterapkannya pendekatan TPACK hasil belajar siswa secara klasikal hanya 6 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0. Setelah diterapkannya pendekatan tersebutpada siklus I sebanyak 5 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 91.00. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran