UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X AKL SMKN 1 Batudaa menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang diujikan untuk mengatasi masalah ini adalah metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta dampak metode ini terhadap sikap, keaktifan, dan perhatian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 71,00 pada siklus 1 menjadi 81,00 pada siklus 2. Selain itu, sikap, keaktifan, dan perhatian siswa juga mengalami perbaikan yang positif. Penelitian ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X AKL SMKN 1 Batudaa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan metode pembelajaran lainnya di masa depan.