PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT

Authors

  • Nirma S. Napu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Malaikat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Index Card Match . Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase A kelas II di SDN 14 Bongomeme yang terdiri dari 12 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion).  Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Iman Kepada Malaikat ”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya Model Pembelajaran Index Card Match  hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 4 peserta didik  (33,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,33. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  peserta didik  7 (58,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77.5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik  (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 90.

Downloads

Published

2024-02-20