MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN 9 LIMBOTO

Authors

  • Alan R. Usman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik kelas 1 SDN 9 Limboto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal hurif hijaiyah peserta didik di kelas I SDN 9 Limboto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 SDN 9 Limboto sebanyak 11 orang,. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Hasil tes siklus I dengan kualifikasi “kurang” dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kualifikasi “baik”. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik di kelas  1 SDN 9 Limboto

Downloads

Published

2024-02-20