PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Iyam Paana

Abstract

Pendidikan agama Islam di sekolah dasar menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak seperti zakat kepada peserta didik. Pembelajaran konvensional berbasis ceramah sering kali tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. Studi ini mengevaluasi efektivitas media audio-visual dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi zakat di kelas V SDN 06 Buntulia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Sampel penelitian terdiri dari 11 peserta didik kelas V, dan data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-test), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mengukur peningkatan hasil belajar, serta pendekatan analisis tematik untuk mengeksplorasi aspek motivasi dan keterlibatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, nilai rata-rata pre-test peserta didik adalah 49,47 dengan ketuntasan hanya 33,33%. Setelah implementasi media audio-visual pada siklus pertama, nilai rata-rata meningkat menjadi 65,09 dengan ketuntasan 53,33%. Perbaikan strategi pembelajaran pada siklus kedua menghasilkan peningkatan yang lebih signifikan, dengan nilai rata-rata post-test mencapai 78,45 dan tingkat ketuntasan meningkat menjadi 87,5%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat secara substansial, sebagaimana terlihat dari peningkatan partisipasi mereka dalam diskusi dan aktivitas pembelajaran.

Downloads

Published

2024-02-20