MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI HURUF HIJAIYAH BERHAROKAT, FATHAH, KASROH, DAMMAH, DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS 2 PADA SDN 06 WANGGARASI TAHUN AJARAN 2024/ 2025

Authors

  • Istatuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi huruf hijaiyah berharokat fathah, kasroh, dan dammah melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SDN 06 Wanggarasi dan guru PAI dikelas 2 SDN 06 Wanggarasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran huruf hijaiyah berharokat memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi dan analisis data, terdapat beberapa hal yang dapat dibahas terkait dengan efektivitas metode demonstrasi. Pada siklus 2, penerapan perbaikan yang dilakukan berdasarkan temuan dari siklus pertama membawa hasil yang lebih memuaskan. Beberapa aspek yang diperbaiki menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-20