MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARRNIN (PBL)

Authors

  • Siti Masita Mokodompit SMA Negeri 2 Limboto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi akhlak madzmumah melalui penerapan metode Problem-Based Learning (PBL) berbasis bermain peran. Motivasi belajar yang rendah dan hasil belajar yang belum optimal pada peserta didik menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Desain penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 2 Limboto. Pada setiap siklus, pembelajaran dilakukan melalui tahapan orientasi masalah, diskusi kelompok, penyusunan skenario drama, dan evaluasi hasil belajar. Instrumen penelitian meliputi angket motivasi, lembar observasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi peserta didik peningkatan meningkat dari 56,66% pada siklus pertama menjadi 81,25% pada siklus kedua. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam diskusi, lebih memahami materi, dan menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kegiatan bermain peran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran berbasis masalah, khususnya dalam pendidikan agama, dengan menawarkan pendekatan yang lebih interaktif dan relevan bagi peserta didik. Implikasinya, metode ini dapat membantu guru menciptakan pembelajaran yang bermakna, meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, dan membentuk karakter mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Downloads

Published

2023-12-30