PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS III SD NEGERI 2 BELANG

Authors

  • Fadilla Junus SD Negeri 2 Belang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktan hasil belajar peserta didik di kelas III SD Negeri 2 Belang Kab. Minahasa Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan sumber data yakni peserta didik kelas III SD Negeri 2 Belang Kabupaten Minahasa Tenggara yang dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terdiri dari perencaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif model interaktif Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 2 Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dengan menggunakan model Problem Based Learning yakni pada aktivitas guru hanya memperoleh nilai sebesar 73% dengan beberapa item tindakan yang belum dilaksanakan secara maksimal sementara pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan 85%, pada penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I hanya mencapai 56% sementara pada siklus II sudah mencapai 95%. Dan pada aktivitas yang berkenaan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata- rata ketuntasan mencapai 67% dan pada hasil tindakan siklus II mencapai 90 bahkan secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100% keberhasilan pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-30