PENERAPAN METODE KOOPERATIF DAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Jimbria Tahumil SMP Negeri 2 Tabukan Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi “Iman kepada Malaikat Allah” melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif dan media interaktif. Dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), studi ini melibatkan dua siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tabukan Tengah yang menunjukkan tingkat minat belajar rendah pada pengamatan awal. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes formatif, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, sementara media interaktif, seperti video edukatif dan kuis digital, berhasil menarik perhatian siswa dan memfasilitasi pemahaman mereka terhadap materi. Hal ini terlihat pada minat belajar siswa pra siklus hanya sebesar 44,9%. Pada siklus I minat tersebut meningkat pada 65,3% atau meningkat sebesar 20,4%. Sementara siklus II berada pada 85,4%. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi metode kooperatif dan media interaktif adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan strategi pengajaran inovatif, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, dan menawarkan panduan praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Implikasi penelitian ini mencakup pentingnya integrasi metode kolaboratif dan media interaktif dalam pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan bermakna.

Downloads

Published

2023-12-30