PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ELEMEN Al-QUR’AN DAN HADIS KELAS X

Authors

  • Sri Novika Ahmad SMK Negeri 01 Mootilango

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Elemen Al-Qur'an dan Hadis melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri 01 Mootilango dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Maka pada masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat metode pembelajaran tradisional yang kurang menarik dan minimnya keterlibatan aktif peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 52,38% siswa yang mencapai ketuntasan, sementara pada siklus pertama meningkat menjadi 76,19% dan mencapai 90,47% pada siklus kedua. Selain itu juga, siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Maka melalui model PBL ini berhasil mendorong siswa untuk mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada elemen Al-Qur'an dan Hadis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan aplikatif, serta memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter Islami siswa yang sesuai dengan tantangan era modern.

Downloads

Published

2023-12-30