MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR

Authors

  • Sali Mariyani Hulopi SMP Negeri 1 Biluhu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Iman Kepada Hari Akhir” di kelas IX SMP Negeri 1 Biluhu. Model pembelajaran ini dipilih karena potensinya dalam mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada semua indikator. Aktivitas guru meningkat dari 78,12% pada siklus pertama menjadi 93,75% pada siklus kedua. Aktivitas siswa juga meningkat dari 60% menjadi 90%. Selain itu, rata-rata nilai siswa meningkat dari 74,13 pada siklus pertama menjadi 81,33 pada siklus kedua, dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori pembelajaran berbasis masalah dan memberikan panduan praktis bagi guru dalam mengimplementasikan PBL secara efektif. Temuan ini relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis nilai, khususnya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi penerapan PBL pada mata pelajaran lain dan melibatkan populasi yang lebih luas.  

Downloads

Published

2023-12-30