PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JUJUR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Sultryani SD Negeri 25 Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan prestasi belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Jujur dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada peserta didik kelas II SD Negeri 25 Kendari Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Subjek penelitian adalah siswa Kelas II SD Negeri 25 Kendari Kec. Kadia Kab. Kota Kendari. Prosedur penelitian menggunakan model Talking Stick.).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Jujur pada siswa Kelas IV SD Negeri 25 Kendari kec. Kadia Kab. Kota Kendari. Nilai rata-rata kelas hasil tes siklus I, jika dibandingkan dengan nilai pra siklus mengalami peningkatan 7,6 atau 12,18%. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus II, jika dibandingkan dengan siklus I mengalami peningkatan 10,6 atau 15%. Sedangkan pada tingkat ketuntasan belajar pada hasil tes pra siklus sebanyak 7 orang (35%) yang tuntas dan 13 orang (65%) yang tidak tuntas, pada hasil tes siklus II sebanyak 17 orang (85%) tuntas belajar, dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (15%).

Downloads

Published

2023-11-28