EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ DALAM MENGAJARKAN TANDA-TANDA KEBESARAN ALLAH SWT PADA Q.S. ALI IMRAN/3: 190-191 DI SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 1 BOLAANG

Authors

  • Abdul Shadiq Djano SMK Negeri Bolaang

Abstract

Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media interaktif Quizizz  dalam  meningkatkan pemahaman siswa  tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT berdasarkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 pada siswa kelas XII Multimedia di SMKN 1 Bolaang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan Quizizz mampu  meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.  Pada   siklus  pertama,  persentase  ketuntasan  belajar   siswa  secara  klasikal  adalah   34,21%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif, dengan peningkatan motivasi belajar  dan  partisipasi aktif dalam  proses pembelajaran. Kesimpulan   dari   penelitian  ini  adalah   bahwa   media   interaktif  Quizizz   efektif  dalam   meningkatkan pemahaman dan  minat belajar  siswa  pada  materi Pendidikan Agama Islam, khususnya terkait keimanan kepada Allah SWT. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi  referensi untuk inovasi pembelajaran berbasis teknologi dalam dunia pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-30