IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ZAKAT FASE C KELAS 5 DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Pikal Bulalonawa

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untukmembantu  peserta  didik  dalam  memahami  huruf hijaiyah  dengan  lebih  baik,  meningkatkan  minat  dan  motivasi  belajar,  serta memperbaiki  hasil  belajar  dalam  pembelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  (PAI). Penelitian   termasuk    jenis Penelitian    Tindakan    Kelas    (Classroom    Action Research).  Subjek  dari  penelitian  ini  adalah fase  A SDN  4 yang   terdiri   dari 10   peserta   didik.   Teknik   pengumpulan   data menggunakan   tes,   observasi   dan   dokumentasi.   Hasil   penelitian   diperoleh menggunakan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  (PBL)  dengan media  kartu pintar  interaktif berhasilmeningkatkan  hasil  belajar peserta  didik pada materi huruf  hijaiyah. Sebelum  diterapkannya model  PBL  dengan media  kartu  pintar interaktif hasil  belajar peserta  didiksecara  klasikal  hanya 5peserta  didik(50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,9. Setelah diterapkannya model PBL dengan media kartu pintar interaktif tersebut pada siklus I sebanyak 6peserta  didik (60%)  yang  tuntas  dalam  pembelajaran  dengan  nilai rata-rata  75,7dan  pada  siklus  II  terjadi  peningkatan  sebanyak  10peserta  didik(100%)  tuntas dalam  pembelajaran  dengan  nilai  rata-rata 100. Peserta  didiklebih  semangat  dan antusias  dalam  mengikuti  pembelajaran,  karena media  kartu  pintar  interaktif mendukung peserta didikuntuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.Kata  Kunci:huruf  hijaiyah, model  PBL  dengan Media Kartu  Pintar Interaktif,  PAI  dan  Budi Pekerti.

Downloads

Published

2024-06-30