PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERSUCI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara bersuci di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan kelas ini di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara, Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penerapan model belajar Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi tata cara bersuci dari hadas dan Najis pada kelas VII MTs N 1 Bolmut tahun Pelajaran 2023/2024. Peningkatan minat belajar terlihat dari ketuntasan klasikal yang menunjukkan bahwa siklus ke siklus terdapat peningkatan nilai ketuntasan klasikal. Hal ini dapat di tunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan atau persentase siswa yang tuntas 45% dan pada siklus menunjukkan 85% hal ini juga terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I dan II masing-masing 68,25 dan 80.