PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL RUKUN ISLAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI PESERTA DIDIK FASE A SDN KECIL LEON
Kata Kunci:
hasil belajar, metode team Games TournamentAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran Team Games Taurnament dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Mengenal Rukun Islam kelas I fase A SDN Kecil Leon Desa Rossoan Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Metode Team Games Tournament dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Tim Permainan Turnamen. Subjek penelitian ini adalah fase A SDN Kecil Leon Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Metode Pembelajaran Team Games Tournament berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I persentase aktifitas siswa adalah 65,35% masuk dalam kategori tinggi, sementara pada siklus II persentase aktifitas siswa adalah 97% masuk dalam kategori sangat tinggi sehingga telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan (≥75%). Peningkatan aktifitas belajar siswa terjadi karena siswa mulai terbiasa dengan pendekatan matematika realistik. Siswa mulai terbiasa untuk menemukan sendiri pengetahuan dengan bekerja kelompok. Siswa juga mulai terbiasa dengan diskusi kelompok dan presentasi. Beberapa siswa yang awalnya pasif dalam pembelajaran, menjadi cukup aktif pada pembelajaran siklus II. Kegiatan pembelajaran yang bermakna menjadikan siswa tidak mudah melupakan materi yang telah di jelaskan. Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa sebagai media juga sangat membantu siswa dalam memahami materi secara kongkrit sebelum menuju pada materi matematika formal.
Referensi
Abrasyi, Muhammad Athiyyah Al. 2003. Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Arabi, Rahasia Asmaul Husna: Mengungkap Makna 99 Nama Allah.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta:Kencana Prenada Media
Daradjat, Zakiyah, dkk., 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah , Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Faruq , Umar. 2011. Khasiat dan Fadhilah 99 Asma‟ul Husna. Surabaya: Pustaka Media.
Firdaus, Andrian. 2019. “Pembiasaan membaca Asmaul Husna dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan pada Anak di SDIT Abata Lombok (NTB),” Jurnal Al-Amin; Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. No.2.
Ghafurun Rahimun dalam Surah Al-Baqarah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Group, Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar.
Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Hasan, Moh. Syamsi. 2015. Asmaul Husna (Keistimewaan, Khasiat dan Mengamalkannya. Surabaya: Amelia.
Kresnanto, Deddy. 2016. Metode pembelajaran Card Match, dalam http://widya.wordpress.com.
Majid, Abdul Majid dan Dian andayani.2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, Abdul. 2011. Memahami Esensi Asmaul Husna dalam Al-Qur‟an,” Jurnal Adabiyah, Vol.11, no.2.
Sadirman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, cet, XIII. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. jakarta : Kencana.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman. Active Learning: 101 Strategi to Teach Any Subject.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. cooperative learning.
Winkel , W.S. 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Cetakan ke IV. Jakarta: Gramedia