PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FATIHAH DENGAN METODE AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 1
Kata Kunci:
metode audio visual,surah alfatihahAbstrak
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suaran dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis yang pertama dan kedua. Media ini dibagi lagi kedalam dua kategori sebagaimana dikatakan Syaiful Bahri, yaitu: 1) Audio Visual diam yaitu: media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti: film bingkai suara, film rangkai suara, dan cetak suara. 2) Audio Visual gerak yaitu: media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti: film suara dan vidiocassete, televisi, dan komputer. Dalam penggunaan Media Audio Visual cara pembelajarannya yaitu dengan menggunakan kaset CD murottal juz amma. Kaset CD Murattal merupakan sebuah perekam suara yang di dalamnya terdapat rekaman bacaan surat-surat pendek yang dibaca dengan nada dan irama yang merdu. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui, perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observesing), serta refleksi (reflecting).Salah satu prinsip penelitian tindakan kelas adalah tugas guru yang utama dalam menyelenggarakan program pembelajaran yang baik dan berkualitas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SD yang berjumlah 15 orang anak dengan rician 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.hasil observasi dan analisa terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat di simpulkan bahwa bahwa metode audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Negeri 49 Halmahera Selatan
Referensi
Daradjat, Zakiah. 2005. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta : Ruhama
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Dhieni, dkk. 2008. Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran:landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Citra Media.
Ginting. A. (2008). Esensi Praktis Belajar Dan Pembelajaran. Humaniora.
Bahri Djamarah. S. (2000). Guru Dan Anakdidik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.
Triwiyanto. T, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).
Manab. A (2015). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Di Madrasah: Pemetaan Pengajaran. Kalimedia.
Gunadi. A, Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Dengan Model Contect Input Process Product, (Jurnal UMJ Volume 2 Nomor 2 Mei-Juli 2014).
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2011).
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Anwar Rosihan. Pengantar Ilmu al-Qur‟an. Bandung: Pustaka Setia, 2013. Ali Ash-Shobuni Muhammad. Rawai‟ul al-Bayan Fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Quv an. Kairo : Darul
Alamiyah, 2014 terj. Ahmad Zulfikar, Taufik, dan Mukhlis Yusuf Arbi. Tafsir Ayat-ayat Ahkam. Depok : Keira, 2016. Asy Syurbashi Ahmad. Sejarah Tafsir al-Qur‟an,. terj. Tim Pustaka Firdaus. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1992.