MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI MENGENAL MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS II KABUPATEN ENREKANG
Kata Kunci:
hasil belajar, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal malaikat-malaikat Allah di kelas II SDN 125 Dattebola Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SDN 125 Dattebola Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian dari Penerapan model pembelajaran Number Head Together dapat membuat peserta didik lebih aktif, lebih hidup antar interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas serta proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam khususnya materi mengenal malaikat-malaikat Allah dengan menggunakan model pembelajaran number head together dapat meningaktkan hasil belajar peserta didik. Terlihat dimana setiap siklus mengalami peningkatan dari 15 peserta didik pada pra siklus ketuntasan (0%), siklus I (66,66%) dan siklus II (86,66%), maka sesuai dengan kriteria penilaian KKM 75, dapat dikatakan bahwa sudah menunjukkan hasil yang sangat baik. Aktivitas peserta didik tertuang pada lembar observasi selama penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) berlangsung mengalami peningkatan dimana pada siklus I dengan jumlah nilai 12 (2,4), siklus II dengan jumlah nilai 18 (3,6), maka sesuai dengan kriteria penilaian lembar observasi peserta didik dapat dikatakan bahwa sesuai dengan hasil yang diperoleh dengan kualifikasi sangat baik.
Referensi
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Herawati Susilo, dkk..2019. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesional Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publising.
Irham, M.& Wiyani,N, A. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: AR. RUSSMEDIA.
Kunandar. 2008 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahmud. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Muri A. Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Rahma, Tisa Nurpratiwi, dkk. 2015. “Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMAN 1 Batarkawung”. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. IV, No. 2, Oktober 2015, hal. 4
Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Saur M. Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Saur M. Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persad.
Sumiyati dan Muhammad Ahsan. 2004. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Buku Guru/Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
W.J.S Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka