PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGENAL AL-QUR’AN SURAH AL-KAUSAR PADA KELOMPOK B TK. AL-IHSAN BENTENGA

Penulis

  • Sunarti Sunarti TK Al Ihsan Bentenga

Kata Kunci:

Motivasi belajar, metode Audio Visual, Al Qur’an Surah Al Kausar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Mengenal Al-Qur’an Surah Al Kausar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Media Audio Visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase Fondasi TK. Al-Ihsan Bentenga Tahun Ajaran 2023/2024, Pada Kelompok B yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media Audio Visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Al-Qur’an Surah Al Kausar. Sebelum diterapkannya metode Audio Visual hasil belajar Peserta Didik secara klasikal hanya 3 Peserta Didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 Peserta Didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran. pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 Peserta Didik (80%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta Didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Abdulhak , Ishak dan Deni. 2015. Teknologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Bina, Ahda. 2015. Mudah, Cepat & Praktis Belajar Tajwid. Ziyad Visi Media. Surakarta

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang SistemPendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Depdiknas. Bandung

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD (Pendidikan Peserta Didik Usia Dini). Diva Press. Yogyakarta

Kementrian Agama RI. 2013. Al-Quran dan Terjemahnya. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo

Offset. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Purwanto. 2007. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Pustaka Pelajar. Surakarta

Rasyid, Harun dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Peserta Didik Usia Dini. Multi Pressindo. Yogyakarta. Suryaningrum, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Memahami Materi Ayo Membayar Zakat Melalui Model Audio Visual. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(1) Ruswandi, A., & Mahyani, A. (2022). Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In International Conference On Islam, Law, And Society (INCOILS) 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 95-106).

Zaini, H. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Idaroh, 1(01), 15–31.

Diterbitkan

2023-08-23