PENERAPAN METODE TIME LINE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MAPEL SKI MATERI STRATEGI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW KELAS VII MTS NEGERI 1 POSO
Kata Kunci:
Media Time Line, Keaktifan siswa, Sejarah Kebudayaan IslamAbstrak
Keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model Time Line sebagai model pembelajaran yang akan menstimulasi keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran penerapan metode time line untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada mapel SKI materi strategi dakwah nabi Muhammad saw kelas VII MTsN 1 Poso . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan 28 siswa kelas VII, dengan siswa laki–laki berjumlah 14 siswa dan siswa perempuan berjumlah 14 siswa. Hasil menunjukan pada siklus 1 Berdasarkan lembar observasi keaktifan peserta didik dan pengamatan selama pembelajaran.
Referensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group
Kochhar, S K. 2008. Pembelajaran Sejarah Teaching of History, Jakarta: Grasindo.
Moedjiono, Hasibuan. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nunzairina. 2020. Dinasti Umayyah: Kemajuan Peradaban Islam, Pendidikan dan Kebangkitan Kaum Intelektual. Jurnal Sejarah Peradaban Islam, Vol. 3 No. 2.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Supriyadi. 2015. Renaisans Islam, Jakarta: Elex Media Komputindo
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Prees
Syalabi. 2003. Sejarah dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru. Tuanaya, M. Husain dkk. 2015. Buku Peserta didik Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Kementerian Agama
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media