PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK FASE F KELAS XII IPA 1 MAN 1 BUTON TENGAH PADA MATERI SEJARAH DAN PERANAN KERAJAAN –KERAJAAN ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA

Penulis

  • Sukma Sukma MAN 1 Buton Tengah

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini fokus pada penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan materi Sejarah dan peranan Kerajaan- kerajaan Islam terhadap Perkembangan Islam di Nusantara di kelas XII IPA 1 MAN 1 Buton Tengah. Penelitian dilakukan dalam semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar pada sebagian peserta didik, tercermin dalam sikap mereka yang cenderung teralihkan oleh penggunaan ponsel dan hasil ulangan harian yang kurang memuaskan. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dengan analisis dilakukan melalui pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, melibatkan 24 peserta didik dengan penggunaan PjBL dan pembagian kelompok sebesar 3 org pada siklus 1, dan pembagian kelompok Kecil hanya 2 orang pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PjBL berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara signifikan. Awalnya, hanya 79% peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang baik. Namun, setelah dua siklus penelitian, motivasi belajar mencapai 90%, melebihi indikator target 85%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan PjBL dalam pembelajaran SKI materi Sejarah dan Peranan Kerajaann-Kerajaan Terhadap Perkembangan Islam di Nusantara mampu merangsang minat dan semangat belajar peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang mendorong motivasi belajar peserta didik.

Referensi

Eveline Siregar, 2014. Teori dan Belajar, Bogor: Ghali Indonesia.

Hamzah B Uno, 2014. Teori motivasi dan Pengukuran, Jakarta Bumi Aksara.

Indar Kasih, 2016. Belajar dan Berlatih Pass Bawah dan Pass Atas, Medan: Unimed Press.

Mohamad Syarif Sumatri (2016), Startegi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGarfindo Persada.

Marintinis Yamin, 2010. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

Miftahu Huda, (2014), Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wina Sanjaya, (2013), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media

Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media Hamzah B.Uno dkk.(2011). Belajar dengan pendekatan PALIKEM. Yogyakarta: Bumi Aksara Yogyakafta Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Muhibin Syah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Trianto. (2009). Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KISP). Jakarta : Prenada Media Group Wijaya Kusumah, & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian tindakan Kelas. lakafta: PT. Indeks

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-23