PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SKI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI MA SWASTA BABANG
Kata Kunci:
metode project based learning, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di MA Swasta Babang menggunakan metode project based learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang bertempat di MA Swasta Babang. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni Apakah Penerapan Metode project based learning (PJBL) pada mata pelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII di MA Swasta Babang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang terorgansir secara sistematis berdasarkan aturan-aturan baku. Tujuan dari suatu penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamati kejadian-kejadian dalam kelas untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil belajar pun menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK), dapat disimpulkan bahwa dengan model project based learning mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu : Aktvitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model project based learning mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari siklus I hingga siklus II. Selain itu kemampuan siswa secara klasikal dari siklus satu dan siklus dua dikatakan meningkat, yaitu pada siklus I ketuntasan mencapai 33% dan siklus II yang mengalami ketuntasan 85 % meningkat dan sudah mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal yaitu ≥75%. Berdasarkan uraian simpulan diatas, maka hipotesis tindakan terbukti bahwa penggunaan model project based learning pada pembelajaran Sejarak Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MA Swasta Babang
Referensi
Abdul Majid.(2006). Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Rosda : Bandung Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). Arifuddin, A. (2019). Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 319-338. Global SchoolNet.( 2000). Introduction to Networked Project-Based Learning. Diambil dari http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100–113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231 Baderiah, B., & Ilham, E. D. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. Laskar Perubahan. ER, T., Listiawati, M. K., Nurjaya, R. S., Setiawati, N. P. A., Ilham, D., Wulansari, R., Sunarsi, D., & Purwanto10, A. (2021). THE EFFECT OF ONLINE MARKETING AND E-SERVICE QUALITY ON PURCHASE DECISIONS: AN EMPRIRICAL STUDY ON ONLINE SHOP. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32, 3. Ilham, D., Erlangga, H., Rojak, A., Nurjaya, Sunarsi, D., & Dewi, R. R. V. K. (2021). Innovative Work Behavior Model for Teachers with A Generation Diversity Approach. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 2345–2353.
Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya. Madaniya, 1(4), 177–181. Kaharuddin, Ilham, D., Kaso, N., Malewa, F., Iksan, M., & Hisbullah. (2021). Character Building on Higher Education: How to Anticipate Radical Ideology at Islamic University in South Sulawesi. Psychology and Education Journal, 58(2), 10651–10661. Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167. Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34 Johnson, E.B.(2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Terjemahan : Ibnu Setiawan, MLC: Bandung Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98.