MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SUJUD SYUKUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VIII MTs MUJAHIDIN TRIMULYA
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sujud SyukurAbstrak
Penelitian ini berjudul: “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sujud Syukur Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIII MTs Mujahidin Trimulya”.Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS Mujahidin Trimulya pada Materi Sujud syukur menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL).Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas VIII MTS Mujahidin Trimulya Materi sujud syukur. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan PBL untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Problem Based Learning (PBL) yang lebih menarik dan bervariasi.
Referensi
Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas
-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.
Kemdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas
-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas
Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Ngalim, Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya