MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH DAN AKHLAK PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SORONG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023 PADA FASE A

Penulis

  • Yeni Nuraeni MIN Sorong Selatan

Kata Kunci:

implementasi pendekatan bermain, matching card, pemahaman akidah akhlak

Abstrak

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta didik. Dalam proses pembelajaran pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dapat dilakukan oleh pendidik agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak karena stategi pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode Matching Card dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada peserta didik fase A1 MIN Sorong Selatan Papua Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Fase A1MIN Sorong Selatan yang berjumlah 7 peserta didik yang terdiri dari 3 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil nilai pada pra diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,71, ketuntasan belajar klasikal sebesar 28,57%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,71 ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,85 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa nilai siswa kelas I MIN Sorong Selatan belum tuntas dan belum mencukupi KKM sebesar 70. Sedangkan hasil nilai di siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,71 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% dan dapat dikatakan bahwa nilai siswa kelas 1 MIN Sorong Selatan telah berhasil dan telah mencukupi KKM sebesar 70. Siklus II memberikan hasil yang sangat baik karena terjadi peningkatan ketuntasan dari siklus I (42,85%) ke siklus II (85,71%) sebesar 43%. Dengan demikian bahwa penggunaan metode Matching Card mampu memperbaiki hasil belajar dan meningkatkan kemampuan pelajaran akidah akhlak materi rukun iman pada siswa kelas I MIN Sorong Selatan Papua Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.

Referensi

Bahtiar, Strategi Belajar Mengajar Sains. Mataram: CV.Sanabil, 2015.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Mulyadi, Evaluasi pendidikan, Malang: UIN Maliki press, 2010.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana,

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Milles M. B dan Huberman, (1992), Analisis Data Kualitatif, Terjemahan oleh Tjetjtep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-23