PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MEMBACA BASMALLAH KELAS 1 MIN KOTA JAYAPURA
Kata Kunci:
metode pembelajaran, Picture And Picture, hasil belajar, BasmallahAbstrak
Perubahan pada hasil belajar peserta didik ditunjukan melalui perubahan sikap dan perilaku terhusus dalam aktivitas pembelajaran. Salah satu perubahan tersebut dapat dinilai melalui perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 MIN Kota Jayapura dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengamata/observasi dan pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk table, persentase dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode picture and picture berhasil meningkatkan hasil belajar pesrta didik pada materi membaca basmallah. Pada tahapan pra-siklus tidak ditemukan adanya peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I, sebanyak 19 peserta didik (51,4%) tuntas dengan nilai rata-rata 70,67. Ketuntasan meniingkat pada siklus ke II menjadi 37 peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 76,75. Peserta didik lebih aktiv dan bersemangat sehingga suasana kelas menjadi kondusif untuk aktivitas pembelajaran, karena metode ini menjadikan peserta didik mampu, meningkatkan aktivitas belajar dan memaksimalkan hasil belajar.
Referensi
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikanvdan Sains, 2(April 2020), 35–48.
Kresna, P. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Metode Ceramah. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4 (2)(Juni), 693–703.
Mabruroh, L. H., Irianto, A., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (1)(Mei), 102–108.
Musyadad, V. F. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam
Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 3 (2)(Oktober), 147–155.
Nuraisyah, Ijudin, Pratama, C. M., & Nurlaeni, W. (2023). Analisis Metode Picture and Picture dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02 (01), 104–111. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI
Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawan, F. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historical Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1 (2)(Desember), 11–19.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan.
Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.