PENERAPAN METODE FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA ALLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Daniati Mardani SDN 1 Ranojaya
  • Titin Samsudin IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi iman kepada Allah mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan menerapkan metode fun learning. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik SDN 1 Ranojaya. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran fun learning meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pada presentasi kelulusan peserta didik di SDN 1 Ranojaya 42,86% (12 peserta didik tuntas) pada pra siklus, 71,37% (20 peserta didik tuntas) pada siklus II, dan 89,29% (25 peserta didik tuntas) pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode fun learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-07