OPTIMALISASI KETUNTASAN BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP QADHA DAN QADAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Yusuf Ismail

Abstrak

Penerapan model pembelajaran yang inovatif menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama pada materi yang membutuhkan pemahaman konsep Qadha dan Qadhar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 75%, aktivitas peserta didik 53,1%, dengan persentase ketuntasan peserta didik 70% dan nilai rata- rata 76,4. Setelah perbaikan pada siklus II, aktivitas guru meningkat menjadi 83,2%, aktivitas peserta didik 75%, dengan ketuntasan peserta didik mencapai 100% dan nilai rata-rata 83,2. Temuan ini membuktikan bahwa PBL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna bagi peserta didik.

Diterbitkan

2024-09-30