MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 6 SDN 11 BONEPANTAI TENTANG MAKANAN HALAL DAN HARAM MELALUI MEDIA VISUAL INTERAKTIF

Penulis

  • Ajista Mahmud Halidi

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 7 terhadap peran dan fungsi malaikat melalui pendekatan cerita dan refleksi praktis di SMP Negeri 4 Marisa. Iman kepada malaikat merupakan bagian penting dari pendidikan agama Islam yang sering kali diajarkan secara hafalan tanpa pengaplikasian nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran berbasis cerita dan refleksi digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan pemahaman siswa hingga 100% mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Observasi mengungkapkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi dan mampu mengaitkan konsep iman kepada malaikat dengan nilai-nilai kehidupan seperti kejujuran dan tanggung jawab. Pendekatan ini juga meningkatkan minat belajar siswa melalui integrasi simulasi, permainan edukatif, dan penggunaan media digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis cerita dan refleksi praktis efektif dalam membentuk pemahaman serta karakter siswa. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengintegrasikan teknologi lebih lanjut untuk memperluas cakupan pembelajaran berbasis nilai-nilai agama

Diterbitkan

2024-09-30