PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH DI FASE B KELAS IV SD NEGERI 01 DULUPI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi menyambut usia baligh. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas IV SD Negeri 01 Dulupi Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menyambut usia baligh. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik secara klasikal dari 12 peserta didik ada 7 orang yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75, dengan persentase 58%. Setelah diterapkannya model Problem Based Learning tersebut pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan persentase 74, 25% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan persentase menjadi 91%. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.