PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERAN ULAMA PENYEBAR ISLAM DI INDONESIA

Penulis

  • Ratni Kalasi

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran PjBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi " Sejarah dan peran ulama penyebar Islam di Indonesia " di kelas X ULP SMK Negeri 1 Botumoito. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam beberapa siklus, yang masing masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.    Dari hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I, Nilai rata- rata adalah 70 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 85 diantaranya 3 siswa mendapat nilai dibawah 70 dan 7 siswa yang mendapat nilai diatas 70. Pada pelaksanaan siklus II, Nilai rata- rata adalah 85,8 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 98 diantaranya 6 siswa mendapat nilai dibawah 90 dan 4 siswa yang mendapat nilai diatas 90.   Berdasarkan tindakan pada setiap siklus dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Botumoito.  

Diterbitkan

2024-09-30